Indeks Miller-Weiss

Indeks Miller dan Weiss  adalah salah satu indeks yang sangat penting,simbol Weiss ini dipakai dalam penggambaran kristal kebentuk proyeksi orthogonal. Indeks Miller dan Weiss pada kristalografi menunjukkan adanya perpotongan sumbu-sumbu utama oleh bidang-bidang atau sisi-sisi sebuah kristal.
Nilai pada indeks ini dapat ditentukan dengan menentukan salah satu bidang kristal dan memperhatikan apakah sisi atau bidang tersebut memotong sumbu utama (a, b dan c) pada kristal tersebut. Kemudian  langkah berikutnya  adalah menentukan nilai dari indeks Miller  dan Weiss  .   Penilaian ini   dilakukan dengan cara mengamati nilai dari perpotongan sumbu yang dilalui oleh   bidang tersebut. Indeks Miller dan Weiss   sebenarnya tidak jauh berbeda., yaitu tentang perpotongan  bidang dengan sumbu simetri kristal. Yang berbeda  hanya  pada penentuan nilai indeks. Sebagai contoh indeks Weiss dengan perbandingan
: sb a/1 : sb b/1 : sb c/1 dan indeks Miller dengan perbandingan : 1/sb a : 1/sb b : 1/sb c.  Untuk indeks Weiss, ada kemungkinan nilainya  tidak terbatas, yaitu jika   bidang tidak memotong sumbu .   Untuk   nilai tidak terbatas ( ~ ) tersebut  disamakan dengan tidak mempunyai nilai (0).  Indeks Miller-Weiss ini juga  disebut  sebagai  sistim  bentuk.     Karena  indeks  ini  mencerminkan bagaimana bentuk  bidang  yang ada pada kristal terhadap sumbu utama  dan akan mempermudah untuk mengetahui perpotongan antar sumbu.